Minggu, 28 September 2014

Pulau Pahawang - Lampung Sumatera

24 Desember 2013, 5 orang petualang aray (gw), marong, qnoy, adam dan alee memulai awal keberangkatan kami menuju salah satu surga indonesia yang indah. tak terbayang akhirnya masih bisa di beri kesempatan oleh allah SWT yang ke 2 kalinya untuk pergi ke lampung sejak tahun 2011 ketika kami berpertualang ke pasir putih lampung. kali ini kami akan menjelajahi pulau pahawang yang bisa di bilang sangat indah atau di sayangkan jika tidak berjelajah kesana.

Perjalanan mulai jam 3 sore dari stasiun sudimara jombang ciputat yang tujuan akhirnya yaitu stasiun merak, kami naik kereta dari jombang ke serpong karna tidak ada yang dari stasiun jombang ke merak karna waktu keberangkatan kami yang tidak pas dengan kereta. setiba di serpong pukul jam 4 sore dan kami harus menunggu kereta ke merak jam setengah 6 sore.

Setelah pukul jam setengah 6 kereta pun datang, biasa karna jam pulang kantor kereta sangatlah penuh dan terpaksa kami pun harus berdesak desakan tanpa ada yang duduk dengan membawa tas tas yang berat. (menyedihkan -_-)
     Tak lama kemudian 3-4 stasiun terlewati sedikit demi sedikit akhirnya kereta pun sepi, karna jarang sekali ada orang yang bertujuan sampai pulang ke merak malam hari kalau bukan pedagang atau orang keluyuran, hehehe.
     Akhirnya kami pun bisa sedikit bernafas lega karna kereta yang penuh dengan orang orang dan berdesakan plus memabawa tas tas berat, akhirnya bisa duduk dan bersantai plus axis dikit.

Setelah melewati beberapa stasiun entah gw ga apal stasiun apa aja yang jelas banyak banget, akhirnya sampai juga di kota merak tapi blom sampe di stasiun meraknya masih di kereta. bau air laut pun sekilas terasa di hidung bercampur bau pabrik pabrik yang kami lewati plus bau wc yang ada di depan gw -_- sungguh pemandangan yang indah walaupun hanya lampu lampu dan pabrik pabrik ketika kami melewati kota merak. ohh ya !? ketika di perjalanan menuju merak kami pun berkenalan dengan seseorang yang bernama wawan. dia bilang ingin ke merak karna bosen dan bete pulang ke rumah dan dia akhirnya pun ingin ikut pergi bersama kami, jadi kami pun bertambah jadi 6 orang.
     Pukul 10 malam kami pun sampai di tujuan akhir di stasiun merak, jadi sepanjang perjalanan naek kereta dari stasiun serpong menuju stasiun merak berkisar kurang lebih 3 atau 4 jam. kami tidak langsung memboking kapal persiar melainkan bermalam dulu di merak sampai jam 3 malam.

Setelah bermalam di merak sampai jam 3 pagi kami pun langsung membeli tiket kapal yang keberangkatannya kira kira jam 5an. setelah 3 tahun lamanya kami tidak menyebrang ke lampung, harga tiket berubah naek sedikit drastis.  yang dulunya Rp. 11.500 kini menjadi Rp. 13.000.
     25 Desember 2013 pukul 5 pagi, akhirnya perjalanan kami teruskan dari pelabuhan merak ke pelabuhan bhakaheuni lampung. dalam sepanjang perjalanan banyak kejadian kejadian sedih seperti gambar di bawah ini.

yaaa itulah salah satu gambar yang berhasil kami abadikan, orang yang sangat lelah setelah makan mie 2 panci, hahahaha. Sepanjang perjalanan di laut, yang kami lihat hanyalah kapal kapal yang sedang berlayar ke bhakaheuni juga.
     Jam 6:05 kami pun akhirnya dapat melihat pelabuhan bhakaheuni. pemandangannya pun berbeda setelah hampir sampai di pelabuhan, banyak pulau pulau kecil yang cukup indah kalau untuk memancing, hehehe :3

Jam 6:30 an, akhirnya kami mendarat di pelabuhan bhakaheuni. sepanjang perjalanan di kapal dari pelabuhan merak ke pelabuhan bhakaheuni kurang lebih berkisar 3 jam, dalam perjalanannya mah cepet yang lama saat berlabuhnya bisa hampir sejaman sendiri.

Sesampai di pelabuhan kami pun tidak langsung naek mobil. melainkan terkapar sejenak karna lelah terkena angin laut yang dahsyat dinginnya (mungkin karna malam hari).

Jam setengah 9 nan, kami meneruskan perjalanan, awalnya kami pun bingung harus memilih rute yang mana yang paling dekat dan menghemat biaya yang minim. karna kami memang sebelumnya tidak tahu rutenya yang paling dekat dan tidak banyak menaiki kendaraan.
    Setelah berunding akhirnya kami pun naik travel dengan layanan antar jemput. kalau urusan harga tadinya dia minta 800rb antar jemput tp ngga jadi, tapi setelah temen gw qnoy nglobi harga travelnya jadi murah klo ga salah ga 525 ribu antar jemput enam orang. bahkan lebih murah dari pada naek angkot enceran setelah di itung itung.
     Jam 9 lewat pun kami berangkat dari pelabuhan menuju dermaga ketapang untuk menyebrang ke pulau pahawang. dalam perjalanan kami berenti di gudang garam karna perjalanan dari gudang garan ke dermaga ketapang sangatlah agak sedikit buruk jalannya dan mobil travelnya pun dalam kondisi tidak baik tapi tetep dia akan jemput kita saat kita ingin balik. dari gudang garam kami meneruskan perjalan hanya sekali naik kendaraan karna sudah hampir dekat dengan menaiki outlet atau sejenis angkot, ongkosnya sudah di bayar oleh abang travelnya, 1 orang 7000 rupiah.
     Jam 12:30 akhirnya kami pun sampai di dermaga ketapang, saat itu cuaca lagi tidak bersahabat ketika kami sampai. kami pun meneduh sebentar di warung sambil bertanya soal harga menyebrang dari dermaga ke pulau pahawang.

Ternyata setelah kami bertanya tanya harga untuk nyebrang ke pahawang 500 ribu per rombongan, jadi jatohnya rombongan pake kapal boot, dan tidak bisa di tawar. ketika kami bertanya tanya lagi ternyata ada yang lebih murah, yaitu dengan cara ikut nyebrang bareng kapal nelayan, klo bareng sama kapal nelayan cuma bayar 15 ribu saja perorang. dan akhirnya kami pun pergi ke tempat nelayan tersebut yang tidak jauh jaraknya dari tempat kami berteduh tadi.

Dan sepeti ini lah pemandangan dermaga ketapang ketika kami ingin naik kapal nelayan :

Jam 1:20 akhirnya kami memulai perjalanan lagi dari dermaga ketapang sampai menuju tujuan akhir pulau pahawang. dalam sepanjang perjalanan banyak pulau pulau dengan pasir yang putih dan laut yang sangat biru, serasa seperti di iklan rokok yang my life is advanture. tapi sayang tidak lama dalam perjalanan menuju pahawang kami di kejar hujan, sangat terlihat sekali di ujung sana ujan dan diperahu tidak. tapi pada akhirnya kami pun ke kejar oleh ujan .. -_-

hehe, pulau yang di atas bukanlah pulau pahawang, sebelum sampai ke pulau pahawang kami mampir sebentar ke pulau tetangga sebentar nganterin penumpang yang laen.
      25 Desember 2013, jam 14:20 akhirnya kami pun sampai di pulau pahawang. sesampainya di pulau pahawang kami bingung ingin bersinggah dimana, tapi pak bustomi yang punya kapal nelayannya dia menawarkan bersinggah bahkan menginap di rumahnya. setibanya dari rumah pak bustomi atau temen gw adam nyebutnya pak bulshit, kami langsung menaruh tas tas dan langsung ke pantai karna sudah tidak sabar merasakan pantai pahawang.